Merasa Tua? Anda tidak Sendirian

2009_03_18_03_07_30_z-stress-synergiashopcom-cont

PERNAHKAH Anda tiba-tiba kebingungan hendak melakukan apa padahal Anda sudah merencanakan sebelumnya? Atau mungkin Anda lupa dimana Anda meletakkan kaca mata yang 5 menit lalu masih bertengger di mata Anda? Kadang, di usia yang masih produktif kita menjadi pelupa, sama seperti generasi yang beberapa puluh tahun di atas kita.

Kenyataan ini didukung oleh sebuah penemuan terbaru. Penelitian ini menunjukkan kalau penuaan mulai terjadi sebelum kita mencapai kematangan di usia 30 tahun. Penelitian yang dilakukan di Universitas Virginia ini menemukan, kemampuan mental
kita mencapai puncaknya di usia 22 dan mulai mengalami penurunan di usia 27.

Para peneliti mempelajari 2000 laki-laki dan perempuan selama 7 tahun. Para partisipan berusia antara 18-60 tahun. Mereka umumnya memiliki kesehatan yang baik dan berpendidikan. Mereka diminta untuk memecahkan teka-teki, mengingat kembali
kata-kata dan detail cerita, serta pola-pola titik dalam susunan huruf dan simbol-simbol. Tes seperti ini sering digunakan untuk memeriksa penyakit dan keterbatasan mental seperti alzheimer dan bentuk demensia lainnya.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal akademik neurobiology of aging ini menemukan, 22 merupakan usia keemasan dengan performa terbaik. Hasil ini, terang pemimpin studi Profesor Timothy Salthouse, dilihat dari hasil tes. Dari 12 jenis tes, peserta usia 22 mendominasi performa terbaik dalam 9 jenis tes.

Selain itu, peneliti juga menemukan, pada usia 27 terjadi penurunan secara signifikan dalam tiga bidang tes yaitu tes pengambilan keputusan logis, kecepatan berpikir dan visualisasi ruang. Memori atau kemampuan mengingat mulai menurun pada usia rata-rata 37 tahun. Pada jenis tes lainnya, hasil yang lebih buruk lagi ditunjukkan oleh mereka yang berusia 42 tahun.

Hasil ini, terang Salthouse, mengindikasikan kalau terapi untuk mencegah kondisi akibat penuaan harus dimulai lebih awal, jauh sebelum orang-orang memasuki masa pensiun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: