Telkomsel ‘Bocorkan’ Soal Matematika UN 2009

jupe-dan-gaston-castano4Jakarta – Telkomsel bocorkan soal matematika UN 2009 di situs internet. Tak sembarang orang bisa mengakses situs yang beralamat di http://www.haisobat.com itu. Pengunjung harus pengguna kartu AS dan melakukan registrasi terlebih dahulu.

Ditemui usai acara seminar pembekalan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menghadapi ujian nasional 2009 di ruang Sanggabuana Hotel Horison Bandung, Rabu (11/3/2009), Manager Service Management Telkomsel Jabar Riri Amalas Yulita mengatakan pihaknya memberikan kisi-kisi soal matematika yang akan diujikan dalam UN mendatang.

“Bocoran disini bukan berarti kita membocorkan soal UN. Tapi kita memberikan simulasi soal yang sesuai dengan konsep UN. Jadi semacam simulasi soal yang sesuai dengan kisi-kisi yang diberikan oleh Dinas Pendidikan,” papar Riri.

Menurut Riri, Telkomsel sangat mendukung program pemerintah meningkatkan kompetensi guru-guru untuk mendukung pendidikan nasional. Karenanya program ‘Untukmu Guruku’ kembali digelar pada tahun ini. Dana Rp 1 miliar dari Corporate Social Responsibility (CSR) pun sudah dianggarkan untuk program ini dalam satu tahun.

“Kami tidak ingin hanya memberikan dana saja, tapi juga ada kesinambungan. Jadi dengan mengikuti pelatihan yang akan digelar di Bandung, Tasikmalaya dan Cirebon ini kita harap kualitas pendidikan akan lebih baik lagi,” terang Riri.

Senada dengan Riri, di tempat yang sama Manager Grapari Bandung, Sri Bimo Ariyanto juga mengatakan bahwa situs yang dibangun di Bandung ini akan diadopsi oleh cabang Telkomsel di seluruh Indonesia.

“Saya harap haisobat.com ini bisa dioptimalkan. Bahkan konsep ini akan diadopsi oleh cabang kita di Kalimantan dan beberapa daerah lainnya. Kami menggandeng konsultan dari Diknas untuk memberikan simulasi soal matematika di situs tersebut,” kata Bimo demikian Sri Bimo Ariyanto akrab dipanggil.

Mendukung ucapan Bimo, Tedy Setiawan, konsultan Balai Pelatihan Guru Dinas Pendidikan Jabar menjamin 100 persen konsep soal yang ada di haisobat mirip dengan UN 2009.

“Kalau ditanya berapa persen, saya jawab 100 persen. Tapi itu adalah konsep soal, bukan soalnya. Sekali lagi bukan soal yang mirip tapi konsep soal. Karena kalau soal tidak mungkin karena itu rahasia. Lagi pula ini adalah simulasi dan kita menginginkan adanya pengembangan pola pikir buat anak didik bukan mencekoki dengan jawaban-jawaban soal,” terang Tedy yang juga menjadi dosen di ITB.

Sayangnya, dalam situs ini baru mata pelajaran matematika saja. Padahal masih banyak mata pelajaran yang akan diujikan dalam UN. Ke depannya, Bimo berjanji akan menambah konten khususnya untuk simulasi soal bagi mata pelajaran lainnya.

“Saat ini member haisobat sudah 260 member dari sekitar 700 sekolah. Ini masih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah guru dan sekolah yang ada. Dan kita terus berinovasi. Saat ini memang baru pelajaran matematika. Harapannya semua mata pelajaran ada disitus ini,”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: